Lapis Legit Mudah Enak Moistt by Aretha Quinn



by Aretha Quinn

karena tahun ini tahun pertama sincia ga sama keluarga (anak rantau), jadi aku ngerayain di kosan deh, bikin lapis legit nya juga sendiri karena dari dulu penasaran pengen buat tapi takut gagal karena pake telor banyak banget 😂. tapi setelah browsing baca tips dan trik, cara buat, dll berulang2 kali, aku beraniin diri bikin deh..

pertama kali, aku buat setengah resep di loyang 20x10, bawahnya kering banget crunchy gitu padahal udah ikutin sesuai aturan kalo lapisan pertama pake api atas bawah.. tapi emang mesti kenal oven sendiri yah, besokannya aku buat lagi tapi pas lapisan pertama aku api atas aja, untung berhasil dan moist jadinya lembut gituu. emang intinya itu kalo manggang lapis legit harus kenal oven deh!

Setelah jadi, aku kasih ke pacarku dan dia bilang enak banget, ga usah beli lagi katanya.. padahal ga pake butter wijsman karena waktu itu gaada, tapi udah enak kayak yang dijual2 gituu. di bawah aku share resepnya yaa, ini hasil browsing resep + modifikasi


Bahan-bahan
20 butir kuning telur
60 gr gula pasir
60 gr tepung terigu protein rendah
1 kaleng susu kental manis
200 gr butter
240 gr blueband (aku 400gr palmia butter + 40 gr blueband)
2 lembar keju cheddar singles


Langkah

Set oven di 180'C api atas bawah
Kocok kuning telur menggunakan mixer
Tambahkan gula, kocok hingga adonan putih mengembang dan berjejak.
Di mangkuk yang berbeda, kocok butter + margarin menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat
Secara perlahan, masukkan adonan butter tadi ke dalam adonan telur dengan menggunakan teknik aduk balik hingga tercampur seluruhnya
Masukkan tepung yang sudah disaring sebelumnya ke dalam adonan secara perlahan
Aduk menggunakan mixer (kecepatan rendah) hingga tercampur dan adonan menjadi lembut (tidak ada gumpalan tepung) sampai tepung habis
Olesi loyang dengan mentega dan lumuri dengan sedikit tepung (supaya kue tidak menempel di loyang)
Tuang adonan untuk lapisan pertama (krn loyangku 20x10, aku tuang 2 sdm adonan).
Oven menggunakan api atas bawah. (karena ovenku terlalu panas yang bawah, aku hanya pakai api atas) di suhu 170'C selama 3 menit, lalu 180'C -190'C selama 4 menit. (di suhu tinggi agar lebih cepat coklat).
Tips: sering sering mengecek oven, putar loyang jika panas oven tidak merata.
Ulangi terus sesuai dengan banyak lapisan yang diinginkan, namun hanya memakai api atas
Lapisan terakhir, oven selama 1 menit, lalu beri potongan keju cheddar di atasnya, oven kembali seperti suhu di step 10.
Cek kematangan dengan tusuk kue nya, jika tusukan keluar dengan bersih tanpa adonan basah, berarti sudah matang. Jika belum, oven dengan api atas bawah hingga matang.


Balikkan loyang mengarah ke bawah dengan diberi tatakan silpat/kertas baking anti lengket/bisa dioles margarin sebelumnya. tunggu hingga dingin
Rapikan bagian pinggir, potong sesuai selera (lebih enak dimakan keesokan harinya)
Selesai! selamat makan


Ini hasil lapis ku yang lapisan awalnya pake api atas bawah (jadi kering banget)






Resep Populer

Followers