Resep Kue Lapis by fridajoincoffee



by fridajoincoffee

Ga ketemu resep kue lapis mama, akhirnya pake resep mama mertuanya mbak @desytariyem 😅. Enaaaaak ini, maaak. Manisnya pas, kenyalnya ok, harum daun pandan dan daun jeruk. Sukkkaaa bgt, anakku yg no 2 doyannya kebangetan! Aku bikin cuma setengah resep, karena stok tepungnya tinggal dikit. Dan bikin pake cetakan cuma 7 biji, sisanya pake loyang, ribet pake cetakan kecil 😅. Ok, aku copas resepnya yaa, kalo mau ganti warna, terserah sesuai selera aja, ok 👌😄 .. ..


Bahan-bahan (5 porsi)
250 g tepung tapioka/pati
250 g tepung beras
400 g gula pasir
1 sdm garam
5 gelas santan (kurleb 1lt)
5 lembar daun pandan, simpulkan
5 lembar daun jeruk, robek2
Pewarna makanan


Langkah (2 jam)

Rebus santan, gula pasir, garam, daun pandan dan daun jeruk dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
Biarkan hingga uap panasnya hilang dan menjadi hangat. Saring.
Tuang santan ke campuran tepung pati dan tepung beras, aduk rata hingga halus tidak ada brindilan tepung yg menggumpal.
Bagi menjadi 2 bagian, satu bagian diberi pewarna ungu, satu bagian tanpa pewarna.
Siapkan kukusan yg tutupnya diberi serbet, panaskan hingga mendidih.
Siapkan loyang yg dilapisi plastik food grade dan dioles minyak. Bila menggunakan cetakan kue dari plastik/silikon bisa langsung dioles minyak. Taruh di kukusan.
Tuang adonan 1 sendok makan (cetakan kecil) atau 1 sendok sayur (loyang besar). Kukus 5 menit. Tuang lagi dengan adonan warna lain. Kukus lagi 5 menit.
Terus lakukan hingga adonan habis dan adonan terakhir kukus 10 menit.
Angkat, dinginkan. Bila menggunakan loyang, potong2 menggunakan pisau yg dilapisi plastik, agar potongan rapi dan tidak lengket di pisau.



Resep Populer

Followers