Resep Kue Lapis Tepung Beras by Ribka Arini



by Ribka Arini

Sliwirrr sliwirrrr.. seneng banget pas nglepasin lapis per lapisan nya. Perdana bikin lapisss, ternyata ya gak susah. Cuma kudu sedikit sabar pas nunggu adonan mateng per lapis nya. Mirip ngukus rainbow cake lahhh..
Sebenernya takaran tepung beras atopun dicampur tepung tapioka, selera yah, tapi kali perdana ini aq campur sama tepung tapioka. Next mau coba kalo cuma tepung beras aja tekstur nya gmn. Oiya ini aq pake loyang uk.20x10 .


Bahan-bahan
150 gr tepung beras
100 gr tepung tapioka/kanji
550 ml santan
125 ml gula pasir
1/2 sdt garam
secukupnya pasta pandan


Langkah

Masak santan dengan gula pasir dan garam, hingga gula larut. Angkat. Dinginkan suhu ruang.
Campur dalam wadah : tepung beras dan tepung tapioka. Masukan santan, aduk rata, lalu saring, untuk memastikan adonan gak bergerindil.
Bagi jadi beberapa bagian, beri pewarna sesuai selera. (Kalo aq bikin gradasi)
Panaskan kukusan, olesi cetakan / loyang dengan minyak goreng (aq pake loyang uk. 20x10). Saranku sih next dialasin plastik/kertas roti jg deh. Soalnya kalo yg di dasarnya cuma dioles minyak goreng, pas ngeluarin nya masih susah menurutku (alesan gak telaten, hihihi). Jangan lupa tutup kukusan dikasih serbet.
Setelah kukusan beruap banyak, tuang adonan lapisan pertama. Tunggu 5-10 mnt hingga permukaan nya set (lamanya tergantung dari ketebalan tiap lapisan), baru dituang lapisan berikutnya. Lakukan hingga lapisan terakhir. Yang terakhir kukus hingga 25 mnt. Angkat. Dinginkan. Baru keluarkan dari loyang, dan potong2.



Waktu motong, jangan lupa pisau nya di oles minyak goreng. Lebih bagus di masukan plastik pisau nya.



Mari di tarik2



Yumiiiii




Resep Populer

Followers