Kue Lapis Ubi by Diana Endri Rosisca



by Diana Endri Rosisca

Terinspirasi resep kue lapis kencana ungunya Cemal cemil yg cantik banget..👍 resep yg jg di dapat dan di modif dr blog Rina Audie...karena gak punya tepung beras saya ganti terigu dan pisang rajanya saya ganti pisang Barlin krn ada stock pisang ini kok gak habis2 soalnya yg suka pisang hanya saya saja😉. Bikin kue traditional itu susah2 gampang menurut saya, tapi ini gampang banget. Hanya sayang krn blender di rmh lagi rusak jadi ubi dkk gak saya blender shg agak bergerindil seharusnya menurut resep di blender biar hasilnya lembut, tapi ini enak banget sampe gak berasa ubi lho...manis, asam dr pisang dan gurih. Trus lagi...saya gak sabar pengin ngiris kue pdhl msh hangat...jadilah agak berantakan...gpp yg penting rasanya. Oh iya harusnya di resep itu ubi ungu, tapi krn di sini jarang ada jd saya ganti ubi madu dan saya kasih warna ungu...tapi tdk seungu ubi aslinya.


Bahan-bahan
❤ Bahan A ::
250 gr ubi madu/ ubi ungu
300 ml santan dr 1/2 btr kelapa tua
75 gr tepung terigu (beras)
50 gr tepung tapioka/kanji
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt Vanili bubuk
Pewarna makanan ungu
❤ Bahan B ::
150 gr pisang barlin/raja/kepok, potong bulat kecil
65 gr tepung terigu (beras)
10 gr tepung tapioka/kanji
125 ml santan dr 1/4 btr kelapa tua
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/4 sdt Vanili bubuk


Langkah

Cuci ubi, potong2 lalu kukus sampai matang. Kupas kulitnya. Sisihkan


Blender semua bahan A sisihkan, kemudian buat adonan B tuang sedikit santan ke tepung + gulpas aduk2 sampai tdk bergerindil. Setelah itu masukkan sisa santan, garam dan vanili. Terakhir masukkan pisang.
Olesi loyang 18x18x7 cm dengan minyak. Masukkan separo bahan A kukus slm 10 menit.
Setelah itu tuang semua bahan B kukus slm 10 menit.
Terakhir masukkan sisa bahan A kukus lagi slm 15 menit. Dinginkan.
Setelah dingin potong2 dg pisau yg dilapisi plastik. Atau dg pisau yg tajam yg diolesi minyak.
Note: Bahan pisang bisa di ganti dg 100 gr sagu mutiara yg sdh di rebus.






Resep Populer

Followers